Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019

Kecemasan Matematika Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas VIII MTsN Model Banda Aceh

Rinna Nurhaina (Universitas Syiah Kuala)
M Ikhsan (Universitas Syiah Kuala)
Suhartati Suhartati (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Kecemasan yang berlebihan dalam belajar matematika dapat membuat konsentrasi siswa terganggu dan tidak dapat fokus dalam belajar. Gangguan seperti kecemasan dapat mempengaruhi prestasi belajar. Guru harus membuat kondisi pembelajaran yang baik seperti menggunakan model pembelajaran yang dapat mengarahkan siswa aktif dan termotivasi untuk belajar salah satunya dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kecemasan matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design jenis Pre-test dan Post-test Group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di MTsN Model Banda Aceh dan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas VIII-2 yang terdiri dari 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kecemasan matematika siswa. Teknik pengolahan data angket menggunakan uji-t dua pihak. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji-t dua pihak yaitu hitung = 18,47 dan tabel  yaitu(0.975)(35) = 2,03. Nilai hitung = 18,47 berada di luar daerah penerimaan  yaitu 2,03   2,03 maka tolak  dan terima  sehingga kesimpulannya adalah terdapat perbedaan antara kecemasan matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Kata Kunci:     Kecemasan matematika siswa, Think Pair Share.

Copyrights © 2019