Jurnal Orasi
Vol 11, No 1 (2020): July 2020

PENERAPAN KOMUNIKASI DAN MANAJEMEN KONFLIK DI KANTOR MEDIA RAKYAT CIREBON

Cartono Cartono (KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Karina Noer Meilawaty (KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Yasmine Muntazah (KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2020

Abstract

Komunikasi dalam sebuah perusahaan sangat penting dan mempunyai pengaruh yang begitu besar. Salah satunya yaitu untuk menyelesaikan sebuah konflik. Berbagai konflik yang mungkin terjadi dalam sebuah perusahaan, sebagian besar dapat diselesaikan dengan komunikasi, sehingga perlu untuk memahami komunikasi organisasi dengan sangat baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan komunikasi dan manajemen konflik di kantor media Rakyat Cirebon. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya konflik personal dan konflik interpersonal. Konflik interest, konflik realistis dan konflik non realistis, konflik destruktif dan konflik konstruktif.  Penyelesaian konflik di media Rakyat Cirebon ditempuh dengan cara tidak mengulangi kesalahan yang sama, membina komunikasi yang baik, menyadari perbedaan pendapat, menerima kritik dan pemberian motivasi. 

Copyrights © 2020