Daya Saing : Jurnal Ilmu Manajemen
Vol 6 No 3 (2020)

PENGARUH KUNJUNGAN WISATA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT SEKITARNYA (STUDI KASUS DESA WISATA OKURA TEBING TINGGI RUMBAI PESISIR)

Rita Wiyati (Universitas Lancang Kuning)
Sri Maryati (Universitas Lancang Kuning)
Muhammad Thamrin (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2020

Abstract

Desa wisata tebing tinggi okura kota pekanbaru Sebagai salah satu kawasan desa wisata kota pekanbaru yang mempunyai visi untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat tempatan, tentu sangat mengutamakan peran masyarakat local. Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, menetapkan Kelurahan Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir sebagai Desa Wisata. Pemilihan desa tersebut tidak lepas dari lokasinya yang berada di pinggir yang berbatasan dengan berbagai daerah. Pemerintah Provinsi Riau terus menggali potensi sektor pariwisata untuk memberikan pengaruh positif dalam mendukung perkembangan daerah. Pengembangan potensi destinasi wisata ini dilakukan sebagai alternatif pertumbuhan ekonomi saat dua sektor unggulan riau mengalami fluktuatif. Seperti migas dan perkebunan yang selama ini berperan besar dalam mendongkrak perekonomian daerah.Dengan adanya desa wisata tentu harapan pemerintah terdongkrak taraf kehidupan masyarakat sekitarnya. Tujuan Penelitian : Berdasarkan perumusan masalah, maka tujuan dalam penelitian ini adalah : bertujuan untuk mengetahui pengaruh kunjungan wisata terhadap peningkatan pendapatan masyarakat sekitarnya. Hasil penelitian : nilai thitung > t tabel, yaitu 22,932 > 2,101 maknanya adalah karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kunjungan wisata dengan pendapatan masyarakat diDesa Okura Tebing Tinggi Rumbai Pesisir.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dayasaing

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Jurnal Daya Saing (Online ISSN: 2541-4356 | Print ISSN : 2407-800X) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in February, June and October. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...