Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor penyebab rendahnya kinerja pemasaran pengrajin rotan kota Pekanbaru dimana sebelum terjadinya pandemi Covid 19 hingga saat ini pelaksanaannya berjalan normal, kinerja pemasaran terus menurun dan sulit untuk dikembangkan. Oleh karena itu, manfaat penelitian ini dapat membantu para pengrajin UMKM menemukan dan menjadi bahan pertimbangan yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran agar kondisi pengrajin UMKM terus berkembang. Jenis penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik sampel menggunakan teknik sensus dengan total 40 responden pelaku UMKM pengrajin rotan. Variabel yang digunakan adalah keunikan produk, kualitas produk dan harga. Hasil penelitian menunjukkan penyebab tidak tercapainya kinerja pemasaran disebabkan oleh faktor kualitas produk yang sulit diidentifikasi dan kurang dapat diandalkan serta tidak dapat berdiri dengan skor 43% pada kategori buruk. Selain faktor tersebut harga juga memberikan kontribusi sebesar 42%, penyebab tidak tercapainya kinerja pemasaran dikarenakan harga yang tidak sesuai dengan kualitas dan harga yang tidak bersaing dengan produk sejenis.
Copyrights © 2021