Kemampuan penalaran merupakan kemampuan penting dan sangat diperlukan untuk memecahkan suatu permasalahan dalam fisika. Untuk memfasilitasi siswa diperlukan suatu metode pembelajaran yang mendukung hal itu. Adanya penelitian ini guna mengetahui seberapa besar pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran siswa kelas X pada materi gerak lurus. Metode pre-eksperimen dengan one group pretest posttest design dan dilakukan kepada siswa kelas X IPA 2 SMAN 2 MEJAYAN yang berjumlah 33 siswa. Sampel ini diambil dari teknik pengambilan sampling convenience sampling. Keseluruhan mendapatkan perlakuan setelah pengerjaan soal pretest dan mengerjakan soal postest setelah diberi perlakuan. Perlakuan yang didapat siswa adalah kegiatan pembelajaran menggunakan problem based learning. Keekektifan metode pembelajaran dapat diketahui dengan melihat hasil analisis N-Gain , serta effectsize pada nilai pretest maupun postest . Instrumen berupa tes, angket respon siswa dan lembar observasi problem based learning.
Copyrights © 2020