Jurnal Kesehatan Vokasional
Vol 5, No 3 (2020): Agustus

Skrining Talasemia Beta Minor pada Pelajar SMK di Kecamatan Ciamis

Doni Setiawan (Program Studi Teknologi Laboratorium Medik, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah, Ciamis, Jawa Barat)
Atun Farihatun (Program Studi Teknologi Laboratorium Medik, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah, Ciamis, Jawa Barat)
Ary Nurmalasari (Program Studi Teknologi Laboratorium Medik, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah, Ciamis, Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Latar Belakang: Frekuensi talasemia beta minor di Indonesia mencapai 6–10%. Talasemia beta minor bersifat asimtomatik sehingga peran deteksi dini perlu dilakukan untuk mencegah kelahiran talasemia mayor. Pemeriksaan hematologi telah diketahui dan teruji dapat digunakan untuk skrining talasemia beta minor pada populasi beresiko. Meningkatnya penderita talasemia beta mayor di Kabupaten Ciamis dikarenakan belum maksimalnya skrining dilakukan. Tujuan: Mengetahui frekuensi talasemia beta minor pada pelajar SMK di Kecamatan Ciamis. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik cross‑sectional, yang telah dilakukan sejak bulan Maret‑Juni 2020. Subjek penelitian adalah pelajar SMK di Kecamatan Ciamis. Parameter pemeriksaan yang digunakan untuk skrining talasemia beta minor adalah MCV, Indeks Men3er, Indeks RDW, dan OTOFT. Hasil: Dari seluruh pelajar yang mengisi kuesioner sebanyak 238 pelajar, hanya 60 pelajar yang bersedia dan memenuhi kriteria penelitian. Hasil pemeriksaan parameter skrining talasemia beta minor didapatkan 5 (8,3%) pelajar MCV < 80 fL, 3 (5%) pelajar Indeks Men8er <13, Indeks RDW < 220 6 (10%) pelajar dan 9 (15%) pelajar dengan OTOFT positif. Kesimpulan: Pada penelitian ini ditemukan 3 (5%) pelajar sebagai talasemia beta minor.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkesvo

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Kesehatan Vokasional (JKesVo) with registered number ISSN 2541-0644 (print), ISSN 2599-3275 (online) is a collection of health scientific articles, especially in the field of medical records and health information as well as applied health sciences such as midwifery, nursing and others who ...