JET (Journal of Electrical Technology)
Vol 6, No 1 (2021): JET (Journal of Electrical Technology) Edisi Februari

Implementasi Pemantauan Kualitas Udara dengan Menggunakan MQ-7 dan MQ-131 Berbasis Internet of Things

Dwi Prasetyo (Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Jawa Barat, Indonesia)
Ibrahim Ibrahim (Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Jawa Barat, Indonesia)
Wilma Nurrul Adzilla (Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Jawa Barat, Indonesia)
Yuliarman Saragih (Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Jawa Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 May 2021

Abstract

Pencemaran udara adalah suatu keadaan dimana kualitas udara menjadi rusak dan tercemar oleh zat-zat yang tidak berbahaya dan berbahaya bagi kesehatan manusia. Beberapa gas berbahaya di udara seperti: CO, CO2, O3 dan lain-lain. Gas Karbon Monoksida (CO) tidak berbau dan tidak dapat dilihat oleh mata, oleh karena itu manusia dan makhluk hidup lainnya tidak dapat mengetahui keberadaan gas-gas tersebut. Manusia bisa tahu kapan mereka merasakan dampaknya. Dalam hal ini telah dibuat alat ukur kualitas udara yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah dan digunakan pengukuran real time untuk mengukur kualitas udara berdasarkan Air Pollution Standard Index (ISPU). Penelitian ini terbukti bermanfaat dengan menggunakan Sensor MQ-7 untuk mengukur gas karbon monoksida (CO) dan MQ-131 untuk mengukur gas Ozon (O3). Hasil pengukuran alat perancangan mampu menghasilkan persentase kesalahan Karbon Monoksida (CO) yaitu 1,25 dan Ozon (O3) 0,2.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jet

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UISU Medan, yang memuat artikel ilmiah tentang Ilmu Teknik Elektro dan Informatika, berupa karya ilmiah maupun hasil penelitian. JET ini terbit tiga kali setahun yaitu periode Februari, Juni dan ...