Penelitian ini tentang analisis pengaruh elerctronic word of mouth (e-WOM) dengan variabel intensitas (X1), konten (X2), pendapat positif (X3), pendapat negatif (X4) terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring. Penelitian bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh secara parsial intensitas terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring; (2) mengetahui pengaruh secara parsial konten terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring; (3) mengetahui pengaruh secara parsial pendapat positif terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring; (4) mengetahui pengaruh secara parsial pendapat negatif terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring; (5) mengetahui pengaruh secara simultan intensitas, konten, pendapat positif dan pendapat negatif terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik sampel simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang dibagikan daring melalui media sosial kepada konsumen transportasi kereta api wilayah kereta Pulau Jawa dibulan Januari 2019 – September 2019 yang pernah membeli tiket kereta api daring sebanyak 400 sampel. Analisis data dengan regresi linear berganda, yaitu uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan : (1) secara parsial intensitas tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai thitung -0,984 < nilai ttabel 1,965 dan nilai Sig. 0,326 > 0,05; (2) secara parsial konten berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai thitung 5,703 > nilai ttabel 1,965 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05; (3) secara parsial pendapat positif berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai thitung 4,893 > nilai ttabel 1,965 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05; (4) secara parsial pendapat negatif tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai thitung 1,810 < nilai ttabel 1,965 dan nilai Sig. 0,071 > 0,05; (5) secara simultan intensitas, konten, pendapat positif dan pendapat negatif berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket kereta api daring dibuktikan dengan nilai Fhitung 23,784 > Ftabel 2,394 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05.
Copyrights © 2020