Buffer Informatika
Vol 6, No 2 (2020)

IMPLEMENTASI ALGORITMA SIFT PADA APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) BERBASIS AUGMENTED REALITY MELALUI ANDROID

Priantama, Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2020

Abstract

Pengalaman pada masa anak-anak usia dini memiliki peran yang sangat penting dalam keseluruhan proses perkembangan aspek-aspek kepribadian pada masa-masa kehidupannya. Sehingga, pendidikan anak usia dini membutuhkan media pembelajaran yang dapat memberikan stimulus yang berdasarkan realita serta mampu membawa pengetahuan sebanyak mungkin dalam kegiatan bermain anak-anak sebagai kegiatan belajar utama bagi anak usia dini.Teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan alternatif media pembelajaran. Berdasarkan penelitian, Gawai (Gadget) berpengaruh signifikan terhadap perkembangan karakter dan interaksi sosial anak usia dini, baik positif maupun negatif. Secara positif, Gawai dapat menjadi media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pendidikan anak usia diniPenelitian ini bertujuan membangun sebuah aplikasi media pembelajaran anak usia dini berbasis augmented reality pada android. Aplikasi dibangun dengan menerapkan algoritma Scale Invariant Feature Transform (SIFT) dengan metode pengenbangan aplikasi menggunakan Rational Unified Process (RUP)Aplikasi media pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) berbasis augmented reality pada android,  dapat meningkatkan stimulus pembelajaran bangu ruang berdasarkan realita serta menyajikan pengetahuan bangun ruang  menjadi lebih menarik. Berdasarkan hasil uji User Acceptance Test (UAT), aplikasi ini dapat memudahkan tim Guru PAUD dalam memberikan penjelasan Bangun Ruang secara lebih menarik dalam pembelajaran anak usia dini

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

buffer

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

BUFFER INFORMATIKA adalah jurnal peer-review tentang Informasi dan Teknologi yang mencakup semua cabang IT dan sub-disiplin ilmu termasuk Algoritma, Jaringan Komputer, Game, Rekayasa Perangkat Lunak, Aplikasi Mobile, Kecerdasan Buatan, Image Processing, Grafik Komputer, Data Maining dan Informasi ...