Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa
No 56 (2018)

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SECARA BERKELOMPOK MENGGUNAKAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PERKULIAHAN MIKROBIOLOGI

Afriani, Dwi Tika (Unknown)
Hasruddin, Hasruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2018

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah (PBM) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru. Namun agar mendapatkan output yang maksimal, PBM sebaiknya dikombinasikan dengan media dan teknik yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh dan efektivitas PBM secara berkelompok meng-gunakan multimedia interaktif terhadap kemampuan memecahkan masalah mahamahasiswa pada perkuliahan mikrobiologi. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan 3 kelas yang ditentukan secara random. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan memecahkan masalah. Data dianalisis dengan meng-gunakan ANACOVA dan uji lanjut Tukey dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1)Terdapat pengaruh PBM dan multimedia interaktif terhadap kemampuan memecahkan masalah pada perkuliahan mikrobiologi, (2)PBM kelompok menggunakan multimedia interaktif lebih efektif meningkatkan kemampuan memecahkan masalah mahamahasiswa dibandingkan dengan PBM klasik+multimedia interaktif dan Konvensional+media linier

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

juwarta

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

This journal is a collection of scientific works from the lecturers of the Dharmawangsa university from various fields of science, as a form of published research. hopefully can increase our knowledge together and improve the insight into the world of ...