PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Vol 4 No 2 (2020): Jurnal PINTER

PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENGETAHUI KECENDRUNGAN SEORANG MAHASISWA DALAM MENGAMBIL MATA KULIAH PILIHAN DALAM LINGKUP PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Hanifa Dian Permatasari (Universitas Negeri Jakarta)
Widodo (Universitas Negeri Jakarta)
Bambang Prasetya Adhi (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pendukung keputusan untuk mengetahui kecendrungan seorang mahasiswa dalam mengambil mata kuliah pilihan dalam lingkup Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer menggunakan algoritma apriori. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan RnD (Research and Development) dengan model perangkat lunak Waterfall. Tahapan penelitian yang dilakukan terdiri dari: (1) Requirement Definition; (2) System and Software Design; (3) Implementation and Unit Testing; (4) Integration and System Testinge. Hasil yang didapatkan akan selalu berbeda dan bergantung kepada input user pada saat pembuatan aturan. Sistem pendukung keputusan ini memproses data transaksi mata kuliah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer semester 106, dan menghasilkan aturan asosiasi tertinggi untuk {praktek industri, data mining, metode penelitian}→{pengolahan citra} dengan confidence sebesar 96,3%. Sistem memerlukan data dalam jumlah besar dan spesifikasi perangkat seperti prosesor, RAM, dan server xampp agar prediksi aturan asosiasi yang dihasilkan semakin baik. Berdasarkan uji kelayakan menggunakan black box didapatkan hasil bahwa sistem telah berjalan dengan baik sesuai kebutuhan fungsional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pinter

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering Library & Information Science

Description

Bentuk publikasi hasil-hasil riset atau penelitian bidang Metode Pengajaran TIK, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Multi Media, Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknologi ...