PENDIPA Journal of Science Education
Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER

Strategi Konflik Kognitif sebagai Pembelajaran Remedial Materi Laju Reaksi untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Kelas XI MIPA SMAN 2 Blitar

Dora Nurmartarina (Unknown)
Dian Novita (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni mendiskripsikan keterlaksanaan, aktivitas belajar siswa, profil miskonsepsi siswa sebelum maupun setelah adanya pembelajaran remedial strategi konflik kognitif pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, juga pergeseran miskonsepsinya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif tipe pra-eksperimen model One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan, aktivitas belajar siswa, tes diagnostik three tier. Subyek penelitian yakni siswa yang menderita miskonsepsi di kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Blitar sebanyak 11 siswa. Hasil analisis menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran remedial sebesar 97,59% dan 98,07% pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua yang menujukkan kategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa sebesar 100% pada pertemuan pertama dan kedua menunjukkan kategori sangat baik. Profil miskonsepsi siswa sebelum pembelajaran sebesar 61,36%, setelah dilakukan pembelajaran persentase menjadi 12,87%. Adanya selisih persentase sebelum dan sesudah sebanyak 48,48% menunjukkan jika terjadi pergeseran miskonsepsi setelah pembelajaran remedial strategi konflik kognitif. Selain itu, pergeseran dibuktikan lebih jelas dengan uji t berpasangan yang menghasilkan nilai signifikasi 0. Dapat disimpulkan jika pembelajaran remedial strategi konflik kognitif dapat mereduksi miskonsepsi pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...