PENDIPA Journal of Science Education
Vol 5, No 2 (2021): MARCH - JUNE

Studi Aklimatisasi Heosemys spinosa di Area Konservasi Ex-situ Universitas Bengkulu

Leditiya Lestari (Unknown)
Aceng Ruyani (University of Bengkulu)
Hery Suhartoyo (University of Bengkulu)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) komposisi pakan yang sesuai untuk pertumbuhan H. spinosa, b) kondisi fisiologi dan kondisi fisik H. spinosa selama masa aklimatisasi, dan c) kondisi lingkungan  abiotik di area konservasi ex- situ UNIB.  Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) kelompok pemberian pakan 100% Musa paradisiaca (P2) menunjukkan pertumbuhan berat badan yang lebih baik daripada  kelompok pemberian pakan 50% Carica papaya : 50% Musa paradisiaca (P3) dan kelompok pemberian pakan 100% Carica papaya (P1), b) Tidak ditemukannya kelainan kondisi fisik H. spinosa pada  kelompok pemberian pakan 100% Musa paradisiaca (P2) dan kelompok pemberian pakan 100% Carica papaya (P1), c) Tidak ditemukannya infeksi parasit pada  kelompok pemberian pakan 100% Musa paradisiaca (P2) pada hasil pemeriksaan feses. Sedangkan pada pada hasil pemeriksaan feses. kelompok pemberian pakan 100% Carica papaya (P3) dan kelompok pemberian pakan 50% Carica papaya : 50% Musa paradisiaca.  ditemukan adanya infeksi telur cacing Ascaris lumbricoides, dan d) tanah di area di area konservasi ex-situ UNIB memiliki pH  6,5 dengan ketegori subur. Suhu tanah di area konservasi konservasi ex-situ UNIB yaitu 29-29,5?C. Sedangkan kelembaban udara di area konservasi konservasi ex-situ UNIB yaitu 64-79%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...