Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis
Vol 13, No 3 (2020): DESEMBER

PENGARUH OVERCONFIDENCE, REGRET AVERSION, LOSS AVERSION, DAN HERDING BIAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI INDONESIA.

Nur Ariefin Addinpujoartanto (Program Studi Manajemen, Universitas Teknologi Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia)
Surya Darmawan (Program Studi Manajemen, Universitas Teknologi Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Behavioral finance muncul akibat pasar yang tidak efisien, sehingga menimbulkan anomali pasar. Behavioral finance lebih mengarah pada perilaku investor yang tidak rasional terhadap keputusannya. Investor yang berada di pasar yang tidak efisien, dapat mengambil abnormal return. Perilaku tersebut dipengaruhi oleh informasi yang diterima oleh investor. Perilaku tersebut bisa berbagai macam, seperti; overconfidence, regret aversion, loss aversion, dan herding bias. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh overconfidence, regret aversion, loss aversion, dan herding bias terhadap keputusan investasi di Indonesia. Data yang dikumpulkan sebanyak 120 responden yang memiliki pengalaman berinvestasi di pasar modal. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Teknik purposive sampling. Ada dua tahapan untuk melakukan analisis, yaitu Pengujian Model Pengukuran dan pengujian Model Struktural. Pengujian stattistik dalam penelitian ini berupa SEM (Simultaneous Equation Model) yang dibantu dengan menggunakan aplikasi smartPLS. Pada penelitian ini ditemukan overconfidence, regret aversion, loss aversion, dan herding bias berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi secara parsial.

Copyrights © 2020