Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan

PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI DAN PENGUASAAN KOSA KATA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA SDLB KELAS TUNARUNGU

Darwina Bajeri (SLB Bina Mandiri)
Muktiono Waspodo (Unknown)
Herawati Herawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik Sekolah Dasar dengan hambatan pendengaran di SLB Bina Mandiri Kota Bogor sebanyak 8 siswa. Subjek dalam penelitian ini memiliki hambatan pada pendengaran, hal ini berdampak rendahnya kemampuan artikulasi, dan rendahnya penguasaan kosakata peserta didik.Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu panduan wawancara, lembar observasi kemampuan artikulasi peserta didik serta tes penguasaan kosakata benda. Teknik analisis yang digunakan yaitu statistik deskripstif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukan adanya perbaikan pada proses pembelajaran Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama yang meningkatan kemampuan artikulasi dan penguasaan kosakata pada peserta didik melalui metode tutor sebaya. Perbaikan proses terlihat dari aktivitas peserta didik sebagai tutor bagi temannya yang kemampuannya lebih rendah, yaitu peserta didik menunjukan perhatian, ketertarikan dan respon yang baik dalam proses pembelajaran. Adapun hasil kemampuan artikulasi dan peguasaan kosakata peserta didik saat pra tindakan yaitu nilai terendah pada  yaitu 22,5, siklus I menjadi 29 dan siklus II menjadi 55, nilai tertinggi pada pra-siklus yaitu 58, siklus I menjadi 68, dan siklus II menjadi 91, dengan nilai rata-rata pada pra-siklus yaitu 37,31 (sangat kurang), siklus I menjadi 50,12(kurang), dan siklus II menjadi 70,25 (baik).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...