Kesulitan yang dihadapi siswa kelas VII.C di SMP Negeri 2 Kertosono semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dalam memahami materi IPS masih kurang atau rendah, yang pada akhirnya masalah ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari rata-rata nilai ulangan harian siswa masih dibawah KKM yaitu 64. Peneliti sebagai guru IPS di kelas VII.C berusaha menggunakan metode yang dapat membuat siswa beraktivitas aktif, termotivasi dalam belajarnya, supaya hasil belajarnyapun mencapai batas yang maksimal. Peneliti menerapkan metode PIC (Pictorial Information Card) ini pada materi 4.1, 4.2, dan 4.3. dengan harapan agar siswa di kelas VII.C SMP Negeri 2 Kertosono menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam belajar, sehingga mereka lebih mudah memahami materi pembelajaran IPS yang sedang dipelajari dan hasil belajarnyapun meningkat. Penelitian tindakan ini terdiri dari 3 siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan (planning), pelaksanaan(acting), pengamatan (observing), dan refleksi tindakan (reflection).Dari hasil observasi atau pengamatan menunjukkan bahwa pada akhir pelaksanaan tindakan, disetiap siklus tampak ada peningkatan baik aktivitas maupun motivasi siswa selama pembelajaran yaitu pada siklus 1 penerapan metode PIC.Aktivitas siswa hanya 62%, siklus 2 menjadi 73% dan pada siklus 3 meningkat lagi mejadi 81%, dan hasil belajar disetiap siklus meningkat pula yaitu dari hasil belajar 55 sebelum penerapan metode PIC menjadi 78 pada siklus 3 setelah pembelajaran menerapkan metode PIC sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PIC dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VII.C di SMP Negeri 2 Kertosono semester genap tahun pelajaran 2015/2016.
Copyrights © 2020