Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 3 No 3 (2020): Volume 3 No.3 Tahun 2020

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Phytagoras Melalui Penerapan Problem Based Learning Siswa Kelas VIII.E SMPN 4 Kec. Ponorogo Tahun Pelajaran 2017/2018

A. Tobroni (SMP Negeri 4 Ponorogo)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2020

Abstract

Dalam pembelajaran di kelas, umumnya siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika khususnya memahami materi phytagoras. Untuk mempermudah siswa dalam belajar matematika, peneliti menerapkan problem based learning untuk mempermudah siswa dalam memecahkan masalah matematika materi phytagoras.Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui pengaruh penerapan problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi phytagoras kelas VIII E Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMPN 4 Ponorogo. (b) Untuk mengetahui keefektifan penerapan problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi phytagoras kelas VIII E Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMPN 4 Ponorogo? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui: Observasi, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelasVIII E SMPN 4 Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemecahan masalah materi phytagoras yaitu, siklus I (69,71%), siklus II (80,38%), siklus III (93,29%). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika materi phytagoras siswa kelas VIII E SMPN 4 Ponorogo tahun pelajaran 2017-2018

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...