Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pelaksanaan metode role playing dalam meningkatkan kemampuan memahami materi Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VSD Negeri Kedunggalar 4 tahun pelajaran 2018/2019? Dan bagaimana penerapan metode role playing pada mata pelajaran PAI pokok bahasan Sejarah Kebudayaan Islampada siswa kelas V SD Negeri Kedunggalar 4 Tahun Pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1) Untuk meningkatkan kemampuan memahami dan meneladani materi Sejarah Kebudayaan Islamsiswa kelas V SD Negeri Kedunggalar 4 tahun pelajaran 2018-2019 2) Untuk mengetahui hasil penerapan metode Role Playing pada pelajaran PAI pokok bahasan Sejarah Kebudayaan Islampada siswa kelas V SD Negeri Kedunggalar 4 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis tindakan kelas. Adapun tekhnik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan wawancara. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas VSD Negeri Kedunggalar 4 Tahun Pelajaran 2018/2019. Sedangkan observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang pembelajaran PAI, respon siswa, keadaan siswa, guru dan karyawan, serta sejarah, sarana dan prasarana sekolah. Berdasarkan hasil analisis data pada hasil tes belajar sebelum prasiklus sebesar 58%, pada siklus 1 sebesar 65%, siklus 2 76% dan pada siklus 3 sebesar 89%. Hasil ini menunjukkan penerapan metode role playing dapat meningkatkan kemampuan memahami materi Sejarah Kebudayaan Islampada siswa kelas VSD Negeri Kedunggalar 4 tahun pelajaran 2018/2019.
Copyrights © 2021