JURNAL PETIK
Vol 7, No 1 (2021): Vol 7 no 1 tahun 2021

Blended Learning Berbasis Modul Elektronik Bidang Studi IPA Di Mts. Surabaya Limbangan Garut

Nuraeni nuraeni (IPI GARUT)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

 Abstract — Almost all countries in the world and our country Indonesia are no exception, having an impact on the Coronavirus Disease (Covid-19) Pandemic, which requires the government to issue policies in various sectors to immediately take a stand in preventing wider transmission, including the education sector. The new period to normal due to the Covid19 pandemic is indeed an extraordinary struggle in the field of education. In the midst of various prevention and cure efforts due to a virus where the anti-vaccine has yet to be found, all sectors are compiling new life protocols, which means we carry out various facts in all aspects of life. Here my role as a parent, teacher, government, and community member must have many strategies in adjusting the learning conditions in schools during this pandemic. Currently, the Distance Learning process still utilizes the Whatsapp group facility in smart phone devices. The teacher provides lesson materials and assignments to students through the Whatsapp group, both through the parents' group and their respective class groups. One of the efforts to overcome these problems in the learning process in this new normal period, will be more effective with a blended learning approach and approach. The blended learning approach, which combines online and offline approaches. The blended learning approach, of course with all its advantages and disadvantages, tends to be used as a strategic alternative. The purpose of this study is to determine teacher teaching activities, student learning activities, and student responses in the application of Blended Learning. Keywords— Mixed Learning, Electronic Module, Science (Science) Abstrak — Hampir di seluruh Negara di dunia dan tidak terkecuali Negara kita Indonesia, merasakan dampak Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), yang mengharuskan pemerintah mengeluarkan kebijakan di berbagai sektor untuk segera mengambil sikap dalam mencegah penularan yang lebih luas, termasuk sektor pendidikan.  Masa new normal akibat pandemic covid19 memang luar biasa perjuangannya dalam bidang pendidikan. Di tengah berbagai upaya pencegahan dan penyembuhan akibat virus yang belum ditemukan antivaksinnya ini membuat semua sector menyusun berbagai protokoler kehidupan baru yang artinya kita melakukam berbagai penyesuaian di semua lini kehidupan. Disini peran saya sebagai orang tua, guru, pegawai pemerintahan, dan bagian masyarakat harus punya banyak strategi dalam menyesuaikan kondisi pembelajaran disekolah di masa pandemic ini. Proses Pembelajaran Jarak Jauh saat ini masih memanfaatkan fasilitas grup Whatsapp dalam perangkat smart phone. Guru memberikan materi pelajaran dan tugas kepada para peserta didik melalui grup Whatsapp, baik melalui grup orang tua siswa maupun grup kelas masing-masing. Salah satu upaya untuk mengatasi kendala tersebut dalam Proses pembelajaran di masa new normal ini, akan lebih efektif dengan mengunakan pendekatan dan mekanisme blended learning.  Pendekatan blended learning, yakni menggabungkan pendekatan daring dan  luring. pendekatan blended learning, tentu dengan segala kelebihan dan kekurangannya, cenderung dapat dijadikan alternatif strategis.. Tujuan Pengkajian ini adalah untuk mengetahui kegiatan mengajar guru, kegiatan belajar siswa, dan respon siswa dalam penerapan pembelajaran Blended Learning. Kata Kunci— Pembelajaran Campuran, Modul Elektronik,  IPA (Science)

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...