PeTeKa
Vol 4, No 1 (2021): PeTeKa: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran

UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS V SD NEGERI 20019 PADANGSIDIMPUAN

Eva Permata Sari (Pendidikan Matematika FKIP UGN Padangsidimpuan)
Agus Makmur (Pendidikan Matematika FKIP UGN Padangsidimpuan)
Erwina Azizah Hasibuan (Pendidikan Matematika FKIP UGN Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang hasil pembelajarannya kurang disebabkan rendahnya berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan  masalah matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran Inquiri. Penelitian ini bertujuan antara lain adalah (1) Untuk meningkatkan berpikir kritisi matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Inquiri, (2) Untuk meningkatkan kadar aktivitas siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model  pembelajaran Inquiri, (3) Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inquiri.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200119 Padangsidimpuan dengan subjek kelas V yang berjumlah 25 siswa. Sedangkan objek yang diamati dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Inquiri untuk  meningkatkan berpikir kritis matematika siswa.Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh melalui penerapan model pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan berpikir kritis  matematika siswa. Hal ini diketahui dari rata-rata nilai siklus I sebesar  72.08 dan pada siklus II menjadi 79.64. Persentase siswa yang  berpikir kritisnya meningkat pada siklus pertama adalah  72% meningkat menjadi 88% pada siklus kedua. Kadar aktivitas siswa meningkat, hal ini diperoleh dari rata-rata kadar aktivitas siswa pada siklus I sebesar 79.58%, kemudian pada siklus II sebesar 84.58%. Kemampuan  guru mengelola pembelajaran Inquiri pada siklus I diperoleh katerogi “cukup baik”, sedangkan pada siklus II diperoleh kategori “baik”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...