AR-RAZI Jurnal Ilmiah
Vol 9, No 1 (2021): JURNAL ILMIAH AR-RAZI

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA BALON DAN MOLYMOD PADA MATERI BENTUK MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 SUNGAI AMBAWANG

Aderya Munika (programs studi pendidikan kimia)
Tuti Kurniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang dengan menggunakan model discovery learning berbantuan alat peraga balon dan molymod. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan 24 siswa di kelas X MIPA 2. Hasil penelitian diperoleh dari nilai tes akhir atau tugas dari 20 orang peserta didik (83,3%) memiliki nilai diatas KKM, sedangkan 4 orang peserta didik (16,7%) memiliki nilai dibawah KKM. Nilai KKM pada materi bentuk molekul adalah 75. Selain itu, kemampuan siswa meningkat juga dapat dilihat dari tingkat keaktifan siswa untuk bertanya dan menanggapi topik yang dibahas dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran ini pemahaman siswa tentang konsep bentuk molekul dibangun oleh siswa melalui pengamatan saat melakukan kegiatan praktek dengan menggunakan alat peraga dan diskusi yang menuntut kemampuan siswa untuk berpikir kritis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ar-r

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Jurnal Ilmiah Ar Razi terbit dua kali dalam setahun pada bulan Februari dan Agustus. Jurnal Ilmiah Ar Razi merupakan wahana publikasi ilmiah dari hasil penelitian atau telaah artikel yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Muhammadiyah ...