Bio-Lectura
Vol. 6 No. 1 (2019)

PENGARUH PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN STANDING BANNER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA T.A 2018/2019

Al Khudri Sembiring (Universitas Lancang Kuning)
Marta Dinata (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
20 May 2019

Abstract

Pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru membuat siswa tidak mengerti terhadap materi yang disampaikan oleh guru sehingga mereka cenderung bertanya kepada temannya. Hal ini menyebabkan permasalahan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tutor Sebaya berbantuan media Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas kontrol VIII 2 dengan jumlah 36 siswa dan kelas eksperimen VIII 1 dengan jumlah 35 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi berupa aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t Independent Samples Test. Rerata N-Gain pada kelas kontrol adalah 0.28 kategori rendah dan kelas eksperimen adalah 0.63 kategori sedang. Berdasarkan analisis hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Tutor Sebayaberbantuan media Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 18 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...