Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI IPA 2 SMA Negeri 16 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil pada bulan November 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen metode the matching only pretest-posttest control group designs, sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah masing-masing kelas 30 siswa, yang diambil dengan teknik total sampling. Penggumpulan data dilakukan melaui pretest, posttest, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent 2 samples t-test. Rerata N-gain kelas kontrol 0.54 kategori sedang sedangkan kelas eksperimen 0.68 kategori sedang. Hasil uji-t N-Gain terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI IPA 2 SMA Negeri 16 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019.
Copyrights © 2019