Bio-Lectura
Vol. 6 No. 2 (2019)

PENGARUH THINK PAIR SHARE DISERTAI STANDING BANNER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 16 PEKANBARU

Al Khudri Sembiring (Universitas Lancang Kuning)
Deni Deni (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI IPA 2 SMA Negeri 16 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil pada bulan November 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen metode the matching only pretest-posttest control group designs, sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah masing-masing kelas 30 siswa, yang diambil dengan teknik total sampling. Penggumpulan data dilakukan melaui pretest, posttest, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent 2 samples t-test. Rerata N-gain kelas kontrol 0.54 kategori sedang sedangkan kelas eksperimen 0.68 kategori sedang. Hasil uji-t N-Gain terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share disertai Standing Banner terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI IPA 2 SMA Negeri 16 Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...