Bio-Lectura
Vol. 7 No. 1 (2020)

ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN MISKONSEPSI SISWA PADA POKOK BAHASAN KULTUR JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA AS-SHOFA PEKANBARU TA 2018/2019

Ferni Ratna (Universitas Lancang Kuning)
Mar'atul Afidah (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar dan miskonsepsi siswa dalam pokok bahasan kultur jaringan tumbuhan di SMA As- Shofa Pekanbaru T.A.2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan teknik Total sampling yang dilaksanakan di kelas XI IPA SMA As- Shofa Pekanbaru. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 58 orang siswa. Berdasarkan analisis persentase tingkat kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan kultur jaringan tumbuhan sebesar 2,63 berada pada kriteria tinggi sedangkan pada persentasenya sebesar 65,76%. Indikator kesulitan tertinggi adalah faktor lingkungan keluarga sebesar 2,78 berada di kriteria tinggi sedangkan persentasenya sebesar 69,50%, sedangkan indikator kesulitan terendah adalah faktor jasmaniah sebesar 2,47 berada pada kriteria sedang dengan persentase 61,75%. Dari hasil penelitian yang dihitung dengan teknik CRI mengalami kejadian miskonsepsi berjumlah 1276 kejadian yang terdiri dari kategori yaitu siswa yang paham dengan persentase 25,62% ( kategori rendah), miskonsepsi dengan persentase 25,62% (kategori rendah), tidak tahu konsep dengan persentase 27,11% (kategori rendah) dan menebak jawaban dengan persentase 21,63% (kategori rendah) dengan skala CRI yang berbeda- beda dari 22 soal yang diujikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa seluruh indikator pada kesulitan belajar siswa berada pada kriteria sedang dan miskonsepsi pada kategori rendah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...