Teknologi kendaraan hybrid merupakan bagian dari pengembangan prototipe kendaraan UG-HEV (Hybrid Electric Vehicle) yang dimodifikasi dari mobil Toyota Soluna. Kendaraan hybrid merupakan kendaraan yang bergerak menggunakan dua sumber daya yaitu sumber daya bahan bakar dan listrik. Oleh karena itu, digunakan Brushless Motor DC untuk memenuhi kebutuhan pada putaran motor rendah dengan torsi yang relative besar dari kisaran 1200-3000 rpm. Pengendali utama pada modifikasi mobil hybrid ini adalah KLS BLDC Motor Brushless yang berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran motor. Baterai yang digunakan adalah Lithium Ferro Phosphate 4. Dalam penelitian ini dikaji kondisi temperatur sistem penggerak elektrik dengan berbagai kecepatan motor dan sistem pendinginan. Hasil penelitian menunjukkan rotasi putaran motor berputar maksimal, sehingga suhu temperatur penggerak elektrik pada controller mencapai 300C, Baterai 300C dan motor 450C. Sehingga sistem pendinginan diukur menggunakan thermostat, jika suhu themperatur sudah mencapai suhu yang ditetapkan maka sistem pendingin akan menyala secara otomatis dan menurunkan temperatur dengan waktu yang sangat cepat hingga 20-50%.
Copyrights © 2021