Mimbar Ilmu
Vol 25, No 3 (2020)

Peningkatan Motivasi Belajar Berbasis Spiritual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Rianita, Ni Made (Unknown)
Trisnawati, Ni Luh De Erik (Unknown)
Nopiyani, Putu Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Rendahnya hasil belajar Bahasa Inggris pada mahasiswa disebabkan karena kurangnya motivasi mahasiswa dalam belajar. Selain itu tidak adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris yang telah didapatkan dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar berbasis spiritual terhadap hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksplanasi asosiatif yang menguji hubungan antar variabel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Component based SEM, Partial Least Square (PLS). Jumlah populasi dalam penelitian adalah 887. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 130. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampal adalah Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar berbasis spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa yaitu ditunjukan dengan nilai T statistics >1.96 yaitu 19,359 atau p-values adalah signifikan < 0.05. Dengan adanya dorongan atau motivasi dalam pembelajaran, mahasiswa mampu meningkatkan nilai akademisnya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar berbasis spiritual mampu mempengaruhi hasil belajar mahasiswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...