JURNAL PENJAKORA
Vol 7, No 2 (2020): September 2020

Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Servis dalam Permainan Bolavoli

Adnyana, Komang Sukarata (Unknown)
Gunarto, Peby (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas dan hasil belajar bolavoli siswa melalui penerapan model pembelajaran generatif. Metode penelitian secara kuantitatif dan dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas VIII A2 SMP Negeri 4 Singaraja berjumlah 42 orang. Hasil analisis data siklus I yaitu, aktivitas belajar siswa secara klasikal ( ) sebesar 71,68%, dikonversikan dalam kriteria aktivitas belajar siswa tergolong aktif, penguasaan materi secara klasikal 66,67% berada dalam rentang  (65%-74%) kategori cukup baik. Hasil analisis data siklus II yaitu, aktivitas belajar siswa secara klasikal ( ) sebesar 91,42%, dikonversikan dalam aktivitas belajar siswa tergolong sangat aktif dan penguasaan materi secara klasikal 90,24% berdasarkan  rentang  ketuntasan (85%-100%) terkategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar servis dalam permainan bolavoli.

Copyrights © 2020