Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak menggunakan Teori Polya. Subjek penelitian diambil dari 4 orang siswa kelas X MIPA 9 SMA Negeri 3 Kota Serang tahun ajaran 2019/2020 yang dipilih secara random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data berupa soal tes esai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang sering terjadi pada tahap memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali, yang meliputi kesalahan yaitu siswa kurang tepat dalam menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan, kurang tepat dalam menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah, kurang tepat dalam menggunakan rumus, kurang tepat dalam menuliskan langkah-langkah penyelesaian, kurang tepat dalam melakukan perhitungan yang benar, tidak menentukan kesimpulan dari apa yang ditanyakan, serta tidak memeriksa kembali hasil jawaban yang telah dikerjakan.
Copyrights © 2020