JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 6, No 1 (2020): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Mata Kuliah Kalkulus Lanjut Era Pandemi Covid-19

Ganjar Susilo (Universitas Balikpapan)
Ninda Pancarani (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh tanggapan dan pendapat mahasiswa berkaitan dengan kemandirian belajar melalui blended learning pada mata kuliah kalkulus lanjut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah subjek penelitian untuk angket dalam penelitian ini ada 11 orang, dari 11 orang yang dilibatkan diambil 3 orang untuk diwawancarai dengan cara mengambil subjek yaitu purposive sampling. Temuan yang diperoleh yaitu persentase responden terhadap kemandirian belajar mahasiswa melalui pembelajaran blended learning mata kuliah kalkulus lanjut adalah 64,0%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kemandirian belajar yang baik memiliki kreatifitas dan inisiatif dalam memanfaatkan sumber belajar selama pembelajaran blended learning, mampu membuat keputusannya sendiri berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai peserta didik, mahasiswa mampu mendiagnosis nilai akhir (sangat baik atau baik) yang diperoleh dengan strategi belajar masing-masing mahasiswa serta dengan adanya blended learning membuat mahasiswa tepat waktu dalam pengumpulan tugas dan mengikuti pembelajaran sesuai dengan arahan dosen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...