Buletin Peternakan Tropis
Vol 1, No 1 (2020)

Studi Kualitas Semen Ayam Burgo

Heri Dwi Putranto (Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu Jalan W. R Supratman, Kandang Limun, Bengkulu, 38371 A)
Nurmeiliasari Nurmeiliasari (Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu Jalan W. R Supratman, Kandang Limun, Bengkulu, 38371 A)
Kendini Tianti Harferry (Program Studi Peternakan, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu Jalan W.R. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu, 38371 A)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas semen ayam Burgo untuk tujuan Inseminasi Buatan. Penentuan sampel diambil secara accident sampling. Penelitian ini menggunakan 4 ekor ayam Burgo jantan berumur 12-15 bulan. Pengamatan dilakukan dengan evaluasi semen secara makroskopis terdiri dari volume, bau, warna dan konsistensi. Sedangkan evaluasi secara mikroskopis terdiri dari konsentrasi, gerakan massa, motilitas, dan abnormalitas. Dari pengamatan didapati hasil volume semen 0.21 mL , bau semen ayam Burgo adalah normal seperti bau khas dari ayam itu sendiri, warna semen dan kekentalan yaitu berwarna putih susu dan konsistensi kental. Sedangkan evaluasi secara mikroskopis terdiri dari konsentrasi yaitu 6942 x 106 spm /mL,  Gerakan massa (+++), gerakan individu atau motilitas mendapati angka 84% dan abnormalitas 8%. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa semen ayam Burgo mempunyai performa yang baik dan layak untuk digunakan untuk kebutuhan IB.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

buletin_pt

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Buletin Peternakan Tropis (Bul. Pet. Trop.) (Bulletin of Tropical Animal Science) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Badan Penerbitan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu berkolaborasi dengan Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Buletin Peternakan Tropis merupakan ...