Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi budaya khas lembah Bada, sehingga dapat dikemas sebagai suatu produk wisata budaya khas lembah Bada berbasis masyarakat. Hasil identifikasi budaya khas masyarakat di lembah Bada pada akhirnya memberikan referensi bagi masyarakat dan pemerintah untuk mengemasnya sebagai produk wisata budaya yang dapat menunjang perekonomian daerah.Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan situasi sosial yang ada. Data diperoleh melalui observasi, wawancara semi terstruktur, dokumentasi yang bersumber dari subjek, informan, maupun dokumen dari kantor desa dan instansi pariwisata. Berdasarkan hasil eksplorasi dapat diidentifikasi potensi objek wisata budaya di lembah Bada adalah peninggalan situs purbakala berupa patung-patung megalith dengan berbagai ukuran : Palindo, Langkebulawa, Arimpohi, Loga, dan juga terdapat gentong raksasa yang disebut Kalamba’ (diduga tempat mandi raja). Rumah adat, pembuatan kain yang terbuat dari kulit kayu yang disebut Fuya. Anyaman dari bambu dan mendong.
Copyrights © 2015