Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Ternate dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe (Think Pair Share). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 18 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes. Data diperoleh dengan menggunakan soal tes. Data diperoleh dengan menggunakan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa setelah pembelajaran pada siklus 1 terdiri atas 3 soal dengan jumlah skor 100, pada siklus 2 terdiri dari 3 soal dengan jumlah skor 100. Data hasil belajar siswa dalam penelitian ini diperoleh dengan data yang telah di kumpulkan akan di analisis secara deskriptif, yaitu dengan melihat presentase ketuntasan belajar secara klasikal, setelah data di kumpulkan dengan menganalisis sehingga diperoleh hasil belajar pada tes awal siklus I sebesar 5,55% , 33,33% dan pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 83,33%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Copyrights © 2020