Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat,Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar matematika Dengan Strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan segitiga dan segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Halmahera Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Halmahera Utara yang berjumlah 20 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah berupa tes yang sesuai dengan instrumen penelitian yaitu terdiri dari tes awal, tes akhir dan lembar observasi analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menghitung Tingkat Penguasaan (TP) kemudian dikonversikan kedalam Pedoman Acuhan Patokan (PAP) Skala 5, menghitung nilai rata-rata siswa dengan rumus rata-rata, menghitung peningkatan hasil belajar menggunakan uji Indeks Gain kemudian dikonversikan kedalam Interprestasi Nilai Gain (g) untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 74,95 dan presentasinya 7495%.
Copyrights © 2020