KUANTUM: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika
Vol 1 No 1 (2020): KUANTUM: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Xi IPA MA Alkhairaat Sidangoli Pada Konsep Tekanan Zat Cair.

Rusni Rifai (STKIP Kie Raha)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik pada sub pokok bahasaan tekanan zat cair setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah (2) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik pada sub pokok bahasan tekanan zat cair melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MA Alkhairaat Sidangoli dengan jumlah peserta didik 20 yang terdiri dari 1 kelas. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua instrumen, yaitu observasi kegiatan guru, peserta didik dan quesioner motivasi belajar peserta didik yang terdiri dari 20 pernyataan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA MA Alkhairaat Sidangoli pada konsep tekanan zat cair. Hal tersebut dapat di buktikan dari hasil penelitian pada tahap akhir atau pada Siklus II dapat di simpulkan bahwa 18 orang (90%) berkategori sangat baik, 2 orang (10%) berkategori cukup baik, 0 orang (0%), 0 orang (0%).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kuantum

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal KUANTUM adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1966) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Fisika dan Sains Fisika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, KUANTUM menempuh misi ...