Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Wasile Selatan dengan menggunakan metode inquiry terbimbing dan metode eksperimen pada konsep gerak. (2) Untuk mengetahui besarnya perbedaan hasil belajar peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Wasile Selatan dengan mengunakan metode inquiry terbimbing dan metode eksperimen pada konsep gerak. Sampel dalam penelitian ini adalah 54 peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode Inquary – eksperimen, tipe pre-test-post-test control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran (inquary dan eksperimen) dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Wasile Selatan yang menggunakan metode pembelajaran inquary dan metode pembelajaran eksperimen dan besarnya perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Wasile Selatan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 27 atau 31,2%. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini dengan menggunakan motede pembelajaran inquary dan metode pembelajaran eksperimen terdapat thitung = 5,79 dan ttabel= 2,045 pada taraf nyata = 0,05 dan dk= 29 ini berarti terdapat perbedaan yang sangat signifikan.
Copyrights © 2021