Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3, No 2 (2021): edisi MARET

RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBN KHALDUN DI INDONESIA

Mutamakin Mutamakin (STAI Ma’had Aly Al Hikam Malang)
M. Yusuf Agung Subekti (STAI Ma’had Aly Al Hikam Malang)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Ibn Khaldun adalah seorang sarjana Muslim yang lahir di Tunisia, Afrika Utara, pada tahun 1332M. Kontribusi Ibn Khaldun terhadap pemahaman peradaban dan sosiologi begitu kaya dan penting sehingga masih relevan hingga saat ini. Tulisan ini berupaya mengeksplorasi karya Ibn Khaldun khususnya ide-idenya tentang pendidikan dalam kitab Muqaddimah dan kemudian menyelidiki sejauh mana relevansi kontemporernya, khususnya dalam kurikulum program pendidikan guru di Indonesia. Ibn Khaldun memberikan pembahasan panjang dan rinci tentang konsep pendidikan dan paedagogi dalam Bab Enam Muqaddimah. Klasifikasi ilmunya menjadi pedoman bagi berbagai ilmu yang ada saat itu. Dia juga memberikan pandangannya tentang masalah pengajaran dan pembelajaran. Bagian terakhir dari makalah ini melihat sifat kurikulum dalam program pendidikan guru saat ini dan mempertimbangkan pengembangan pendekatan yang lebih inklusif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

piwulang

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

1. Islamic Education Science 2. Learning Strategies in Islamic Education 3. Using Methode and Media in Islamic Education Learning 4. Issues of Islamic education in schools, madrasah or pesantren 5. Improving the quality of education in schools, madrasah or pesantren 6. Theacher Profesionalism In ...