Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1, No 1 (2018): edisi SEPTEMBER

Pendidikan Anak Jalanan Dalam Paradigma Teo-Antropo-Sosiosentris

Mohoammad Yusuf Agung Subekti (Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'
had Aly Al-Hikam)

Moh. Mansur Fauzi (Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'
had Aly Al-Hikam)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2018

Abstract

Problem tentang anak jalanan tidak hanya menjadi tugas pemerintah, tetapi semua elemen masyarakat juga memiliki peran mendampingi, mengarahkan dan memberikan pendidikan yang memadahi. Salah satu paradigma yang ditawarkan dalam pendidikan bagi anak jalanan adalah paradigma teo-antropo-sosiosentris. Paradigma ini berupaya membahas tentang makna pendidikan yang berbasis pada Tao (ketuhanan/keilahian) bahwa manusia secara fitrah-nya adalah sebagai hamba (abd) Allah, antropo (kemanusiaan) dan sosio (kemasyarakatan). Paradigma ini berusaha melihat bagaimana fenomena anak jalanan dan pendidikannya jika ditinjau dari aspek ketuhanan, kemanusiaan dan juga kemasyarakatan yang ketiganya saling mendukung satu dengan yang lain.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

piwulang

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

1. Islamic Education Science 2. Learning Strategies in Islamic Education 3. Using Methode and Media in Islamic Education Learning 4. Issues of Islamic education in schools, madrasah or pesantren 5. Improving the quality of education in schools, madrasah or pesantren 6. Theacher Profesionalism In ...