Jurnal Ilmiah Ecosystem
Vol. 21 No. 1 (2021): ECOSYSTEM Vol. 21 No 1, Januari - April Tahun 2021

PENGARUH METODE PAKEM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 124 BATUASANG

Jainuddin, Jainuddin (Unknown)
Mubarik, Mubarik (Unknown)
Bahri, Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi yang berkepanjangan dan menutup berbagai sekolah mulai dari sekolah dasar sampai sekolah tinggi. Sehingga diperlukan adanya terobasan terbaru dalam metode pembelajaran yang dapat meninkatkan motviasi siswa untuk Kembali belajar. Seperti halnya pada siswa kelas V SD yang sudah lama meninggalkan sekolah. Diharapkan dengan metode yang tepat dapat meningkatkan kembali motivasi belajar siswa. Salah satu metode yang di anggap tepat oleh peneliti adalah metode PAKEM. PAKEM adalah singkatan dari Pembelajar Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk meneliti pengaruh penggunaan metode PAKEM terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, desainnya adalah “pre-test dan post-test one group design”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar setelah penggunaan metode PAKEM yang dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 124 Batuasang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

eco

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ecosystem merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara peer review memiliki ISSN 1411-3597 (print) dan ISSN 2527-7286 (online) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Bosowa Jurnal Ilmiah Ecosystem menerbitkan artikel yang pada bidang ekonomi, ...