Sebatik
Vol 22 No 2 (2018): DESEMBER 2018

SKALA LIKERT DALAM SELEKSI KARYAWAN BARU DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PT TELKOM AKSES AREA SAMARINDA)

Muhammad Irwan Ukkas (Teknik Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda)
Hanifah Ekawati (Manajemen Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda)
Tendi Riandi (Teknik Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2018

Abstract

PT Telkom Akses adalah anak perusahaan Telkom yang bergerak pada bidang bisnis penyediaan dan pengelolaan infrakstruktur jaringan fiber di indonesia. Semakin berkembangnya Telkom Akses maka diperlukan sumber daya manusia lebih banyak. Oleh karena itu Telkom Akses melakukan rekrut karyawan baru melalui divisi HCM (Human Capital Management). Sebelum melakukan rekrut karyawan, telah dibuat skema seleksi calon karyawan agar mendapatkan sumber daya manusia sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Untuk mempermudah proses seleksi karyawan baru di Area Kota Samarinda maka pada penelitian ini merancang sebuah sistem untuk seleksi karyawan baru berbasis web menggunakan skala likert dengan metode Fuzzy Tsukamoto. Metode tsukamoto digunakan untuk melakukan fuzzyfikasi nilai-nilai fuzzy pada skala likert. Pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan metode sistem penunjang keputusan, tahapannya yaitu (1) Intelegensi, (2) desain, (3) pemilihan, dan (4) Implementasi. Untuk pemodelan sistem menggunakan diagram alir dan sitemap. Sistem diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP, sublime text 3 sebagai webeditor, XAMPP sebagai webserver local, basis data MySQL dan codeigniter sebagai framework. Hasil dari implementasi skala likert seleksi karyawan baru berbasis web menggunakan metode fuzzy tsukamoto menghasilkan aplikasi penilaian karyawan baru yang dapat membantu divisi HCM area samarinda dalam penilaian hasil tes, dan memberikan laporan rekomendasi hasil seleksi karyawan baru kepada pimpinan perusahaan di area.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sebatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan ...