Sebatik
Vol 25 No 1 (2021): Juni 2021

TINGKAT LITERASI PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI DAN DETERMINANNYA (STUDI DI JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG, DAN BEKASI)

Neni Susilawati (Ilmu Administrasi Fiskal, Fakultas Ilmu Administrasi,Universitas Indonesia)
Indriani Indriani (Ilmu Administrasi Fiskal, Fakultas Ilmu Administrasi,Universitas Indonesia)
Vidia Riana (Ilmu Administrasi Fiskal, Fakultas Ilmu Administrasi,Universitas Indonesia)
Daffa Abyan (Ilmu Administrasi Fiskal, Fakultas Ilmu Administrasi,Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Literasi pajak merupakan faktor krusial yang memengaruhi tingkat kepatuhan pajak dalam sistem pemungutan yang menerapkan self assessment. Masih rendahnya tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) di Indonesia salah satunya diduga karena rendahnya literasi Pajak Penghasilan Orang Pribadi (PPh OP). Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat literasi PPh OP di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta mengidentifikasi faktor determinannya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data survei dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi PPh OP di Jabodetabek adalah sedang. Tingkat literasi sedang ini adalah karena kurangnya ketertarikan WP OP untuk mencari informasi tentang pajak dan kurang efektifnya sosialisasi pajak yang dilakukan oleh otoritas pajak. Peneliti merekomendasikan optimalisasi penggunaan sosial media sebagai sarana edukasi pajak untuk masyarakat yang efisien dan efektif. Paradigma bahwa pajak bersifat tidak kontra prestasi perlu diubah. Pemerintah perlu berinovasi agar masyarakat memiliki ketertarikan lebih tinggi dan merasa bangga apabila berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui pajaknya. Penelitian yang mendalami tentang taxpayer behavior merupakan penelitian yang menarik bagi penelitian lain agar persoalan klasik kepatuhan WP OP ini perlahan dapat terpecahkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sebatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan ...