ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial
Vol. 1 No. 1 (2019)

PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPI NURUL YAQIN BUJUR TIMUR BATU MARMAR PAMEKASAN

Siti dan Agoes Kamaroellah (IAIN Madura)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Pengaruh pemberian Reward terhadap Motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Islam Nurul Yaqin Bujur Timur Batu Marmar Pamekasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian Reward terhadap Motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS dan seberapa besar pengaruh pemberian Reward terhadap Motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian populasi (Populasi Research) yaitu seluruh siswa-siswi SMPI Nurul Yaqin yang berjumlah  45 orang. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif artinya dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yang sifatnya Korelasional yaitu mencari hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi, dari pengumpulan data yang didapat melalui angket dianalisis secara manual dengan mengunakan analisis Product Moment adalah salah satu teknik untuk mencari korelasi antara dua variabel yang kerap kali digunakan. Sehingga hasil data menunjukka adanya pengaruh pemberian Reward terhadap Motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

entita

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of ENTITA focuses on any articles dealing with social science and social studies either in forms of conceptual ideas or research results from various ...