PENDIPA Journal of Science Education
Vol 6, No 1 (2022): November - February

Strategi Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam Menghadapi Pandemi COVID-19 Guna Mendukung Keamanan Nasional di Kabupaten Pidie Jaya Aceh

Hafizh Surya Islami (Indonesian Defense University)
Iko Sarikanti Ponangsera (Unknown)
Mir'atul Azizah (Unknown)
Yuli Subiakto (Unknown)
Eddy Azwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2021

Abstract

Penyakit virus korona-2019 atau yang dikenal dengan COVID-19 berasal dari kota Wuhan, Provinsi Hubei Cina. Virus tersebut muncul pertama kali pada akhir tahun 2019. Penyebarannya sangat cepat dan mewabah hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. COVID-19 berdampak pada segala sektor, baik ekonomi, industri pariwisata, pertanian, pendidikan, layanan kesehatan, kemanan dan pertahanan dan masih banyak lagi. Pandemi COVID-19 merupakan bencana non alam yang harus secara bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa. Kabupaten Pidie Jaya merupakan salah satu wilayah di Provinsi Aceh yang sampai saat ini masih selalu siap untuk waspada terhadap COVID-19.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat strategi dari Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dalam meningkatkan kapasitas masyarakat untuk menghadapi pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data bersumber dari literatur, focus group discussion dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Jaya. Berdasarkan studi literatur dan wawancara hasil membuktikan sampai saat ini pemerintah Kabupaten Pidie Jaya meningkatkan kapasitas masyarakat melalui sosialisasi dan edukasi, penegakan protokol protokol kesehatan, vaksinasi, siapkan gampong yang lebih tangguh terhadap COVID-19. Selain itu, pelibatan para pemangku kepentingan baik di sektor pemerintah, masyarakat, akademis dan media.Semua bersinergi untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Pidie Jaya yang sehat, aman dan waspada dari COVID-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...