Multiplier: Jurnal Magister Manajemen
Vol 2 No 1 (2017)

PENGARUH OPINI AUDIT, SOLVABILITAS DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Afifah Kurniati (Universitas Pancasakti Tegal)
Mr. Tabrani (Universitas Pancasakti Tegal)
Dien Noviany R (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
21 May 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh opini audit, solvabilitas dan kepemilikan institusional baik secara parsial maupun secara simultan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2014-2016. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pusrposive sample dan menghasilkan 38 perusahaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian menggunakan regresi logistik karena variabel dependen pada penelitian ini menggunakan dummy. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa opini audit dan solvabilitas secara parsial tidak mempengaruhi ketepatan waktu. Sedangkan, kepemilikan intitusional secara parsial berpengaruh tehadap ketepatan waktu. Secara Simultan, variabel opini audit, solvabilitas dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.  Kata Kunci :  Ketepatan waktu (timeliness), opini audit (audit opinion), solvabilitas (slovability), kepemilikan institusional (institutional ownership).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

MLT

Publisher

Subject

Description

MULTIPLIER is a scientific and academic journal focusing on management-business-entrepreneurship related issues. The journal publishes original articles that emphasize studies and reviews related to business management and entrepreneurship, comprising human resources, marketing, and finance. Studies ...