Multiplier: Jurnal Magister Manajemen
Vol 2 No 1 (2017)

PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, CAPITAL ADEQUACY RATIO, NON PERFORMANCE LOANS DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PENYALURAN KREDIT UMKM (Studi Kasus Bank Umum Swasta Nasional Tahun 2014-2016)

Indah Sri Lestari (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
21 May 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga terhadap penyaluran kredit UMKM 2) untuk mengetahui pengaruh capital adequacy ratio terhadap penyaluran kredit UMKM 3) untuk mengetahui pengaruh non performance loans terhadap penyaluran kredit UMKM 4). untuk mengetahui pengaruh loan to deposit ratio terhadap penyaluran kredit UMKM, 5) untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga, capital adequacy ratio, non performance loans, dan loan to deposit ratio secara bersama-sama terhadap penyaluran kredit UMKM. Hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh tingkat suku bunga terhadap penyaluran kredit UMKM 2) terdapat pengaruh capital adequacy ratio terhadap penyaluran kredit UMKM, 3) terdapat pengaruh non performance loans terhadap penyaluran kredit UMKM, 4) terdapat pengaruh loan to deposit ratio terhadap penyaluran kredit UMKM, 5) terdapat pengaruh tingkat suku bunga, capital adequacy ratio, non performance loans, dan loan to deposit ratio terhadap penyaluran kredit UMKM. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi sedehana, uji signifikansi regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji signifikansi regresi berganda, dan analisis koefisien determinasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan tingkat suku bunga terhadap penyaluran kredit UMKM, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan tingkat suku bunga terhadap penyaluran kredit UMKM secara bersama-sama. 2) terdapat pengaruh yang positf dan signifikan capital adequacy ratio terhadap penyaluran kredit UMKM, 3) terdapat pengaruh yang positf dan tidak signifikan non performance loans terhadap penyaluran kredit UMKM. 4) terdapat pengaruh yang positf dan tidak signifikan loan to deposit ratio terhadap penyaluran kredit UMKM, 5) terdapat pengaruh yang positf dan signifikan tingkat suku bunga, capital adequacy ratio, non performance loans, dan loan to deposit ratio secara bersama-sama terhadap penyaluran kredit UMKM,   Kata Kunci :  Tingkat Suku Bunga, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio, Penyaluran Kredit UMKM.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

MLT

Publisher

Subject

Description

MULTIPLIER is a scientific and academic journal focusing on management-business-entrepreneurship related issues. The journal publishes original articles that emphasize studies and reviews related to business management and entrepreneurship, comprising human resources, marketing, and finance. Studies ...