JMBA (Jurnal Manajemen dan Bisnis asmi)
Vol 5 No 2 (2019): SEPTEMBER 2019

Pengaruh keselamatan kapal dan kompetensi terhadap kepuasan kerja awak kapal (studi pada kapal-kapal charter pt. pertamina (pesero)

Sharon, Santa Clara Madya (Unknown)
Logahan, Jerry (Unknown)
Purnomo, Medi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mengetahui Pengaruh Keselamatan Kapal dan Kompetensi secara parial maupun secara simultan terhadap kepuasan kerja Awak Kapal charter PT. Pertamina (Pesero). Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode survei, dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dipilih secara Sampling Berstata atau Sampling Bertingkat (Stratified Random Sampling). Untuk menentukan ukuran sampel dari populasi, penulis mempergunakan rumus Slovin yang diperoleh sampel sebanyak 85 orang responden Awak Kapal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner pada Awak Kapal charter PT Pertamina (Persero) Persero khususnya untuk penyedia jasa kapal meliputi: Berlian Laju Tanker, Pacific Carriers Limited, Humpus, Equinox, Soechi Line. Pertanyaan yang diberikan merupakan pertanyaan tertutup. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan Keselamatan kapal dan kompetensi terhadap Kepuasan kerja awak kapal Charter PT. Pertamina (Pesero), hal tersebut menunjukkan setiap peningkatan keselamatan kapal dan kompetensi akan memberikan peningkatan pula pada kepuasan kerja awak kapal. Secara bersama-sama Keselamatan kapal dan Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan kerja awak kapal Charter PT. Pertamina (Pesero), hal tersebut memberikan arti bahwa setiap peningkatan keselamatan kapal dan kompetensi akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kepuasan kerja awak kapal.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMBA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis is committed to publishing scholarly empirical and theoretical research articles, that have a high impact on the management field as a whole. The journal encourages new ideas or new perspectives on existing research. The journal covers such areas as: Business ...