Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Dengan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Siswa Kelas X-Ak1 SMK Negeri 51 Jakarta Timur

Nainggolan, Maryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pelaksanaan kegiatan Belajar Mengajar yang tradisional/konvensional. Sistim ini hanya menekankan pendekatan pengajaran konfensional dan Transfer Pengetahuan sehingga banyak siswa yang merasa jenuh dan tidak tertarik pada pelajaran PKn. Kondisi seperti ini jelas berakibat pada prestasi belajar siswa pada pelajaran PKn yang rendah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus selama 3 bulan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran PKn, seluruh siswa kelas VII-5 Tahun Pelajaran 2015-2016 sekaligus sebagai sumber data. Tujuan Penelitian adalah untuk mengembangkan Model dan Metode pembelajaran yang lebih tepat dalam proses pembelajaran agar siswa dapat menguasai materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu untuk memperbaiki dan meningkatkan PBM. Manfaat penelitian ini terbagi 2 aspek yaitu : (1) Aspek Akademis dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan suatu metode dan model pembejaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di era informasi dan globalisasi. (2) Aspek Praktis dapat dimanfaatkan oleh guru Pengetahuan Sosial khususnya PKn untuk berkreasi dan berinovasi dalam dunia pendidikan dengan memerapkan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum. Hasil penelitian menujukan bahwa dengan menerapkan pendekatan Cooperative Integrated Reading and composition dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dan meningkatkan aktifitas belajar siswa serta dapat membangkitkan interaksi siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan ketuntasan belajar siklus 1 , 2, dan 3 yaitu 77,5 %, 82,5 % dan 100%. Dengan pendekatan ini dapat mengatasi siswa yang lambat belajar sehingga mereka dapat berinteraksi dan dapat bekerjasama dengan siswa-siswa yang lainnya. Dengan demikian tujuan pembelajaran yang dirancang guru dapat tercapai. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan agar setiap kegiatan dan langkah guru dalam proses pembelajaran dapat menerapkan model-model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa khususnya pendekatan Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC)

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

profesi

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan ...