Majalah Ilmiah UPI YPTK
Vol. 25 (2018) No. 1

PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA BROSUR YAMAHA TJAHAJA BARU UNTUK PROMOSI BERBASIS ANDROID (Studi Kasus Di Yamaha Tjahaja Baru)

Febri Hadi (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Randy Permana (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Satria Yulanda (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah sebuah teknologi yang mampu memproyeksikan objek virtual 3D ke dalam lingkungan nyata sehingga objek 3D tersebut dapat berinteraksi secara realtime. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media baru dalam kegiatan promosi pada motor Yamaha Tjahaja Baru menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis android. Nantinya penelitian ini akan memunculkan objek 3D dari motor pada brosur sehingga brosur menjadi lebih menarik dan mampu menampilkan visualisasi dari bentuk motor secara lebih nyata. Aplikasi ini membutuhkan marker berupa brosur dari Yamaha sehingga ketika marker di deteksi oleh aplikasi akan memunculkan objek 3D dari motor sehingga konsumen dapat melihat desain dari motor secara lebih jelas. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Augmented Reality berbasis android yang akan menampilkan desain 3D dari motor, mengganti variasi motor dan mampu menampilkan informasi dari masing-masing motor. Dengan demikian aplikasi ini dapat meningkatkan daya tarik konsumen dalam kegiatan promosi di Yamaha Tjahaja Baru.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmi

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Majalah Ilmiah UPI YPTK adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Putra Indonesia, YPTK, Padang Sumatera Barat, Indonesia. Jurnal ini menerbitkan karya yang memajukan pengetahuan tentang teori, praktik, dan penelitian di bidang multidisiplin ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk ...