Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian (research & development). Sabjek penelitian berjumlah 25 orang. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan (ADDIE model), dengan desain langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1)Analyze, (2) design, (3) development, (4) Implementation dan (5) Evaluate. Hasil uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X di SMK Negeri 7 Padang Semester Ganjil sebesar 86,93%, sehingga tingkatvaliditas dapat di interprestasikan sangat valid digunakan. Hasil penilaian uji praktikalitas secara keseluruhan penilaian praktikalitas terhadap Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X di SMK Negeri 7 Padang Semester Ganjil 91,91%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan sangat praktis digunakan.Hasil penilaian uji efektifitas secara keseluruhan penilaian efektifitas Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X di SMK Negeri 7 Padang Semester Ganjil sebesar 91,84% sehingga tingkat efektifitasnya dapat di interprestasikan sangat efektif digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian besertamasukan ahli serta hasil dari uji coba lapangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android sebagai media pembelajaran sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran SIMDIG kelas X SMK N 7 Padang.
Copyrights © 2021