Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK)
Vol 2 No 1 (2020): Juni

PENGARUH MEDITASI CHAN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL KOMUNITAS CHAN VIHARA DHARMA WIJAYA MEDAN

Ong Cin Siu (STAB Bodhi Dharma Medan)
William William (STAB Bodhi Dharma Medan)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Krisis moral dan etika manusia di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) menyebabkan manusia senantiasa diliputi emosi-emosi negatif berupa ketidaktenangan, stres, depresi maupun kekalutan yang pada akhirnya mengakibatkan kerusakan sistem syaraf dalam tubuh. Penelitian ini kemudian mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh meditasi Chan terhadap kecerdasan emosional Komunitas Chan di Vihara Dharma Wijaya Medan tahun 2018. Pengaruh meditasi Chan terhadap kecerdasan emosional tersebut diteliti secara kuantitatif yang kegiatan pengumpulan datanya menggunakan desain penelitian Donal R. Cooper dan Pamela S. Schidler. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa meditasi Chan berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan emosional sebesar 80,9% menurut pengujian regresi linear sederhana, serta dapat berpengaruh secara positif terhadap kecerdasan emosional sebesar 65,4%. Penelitian kemudian berkontribusi dalam mengembangkan ketekunan bermeditasi bagi praktisi Chan dan mnumbuhkan ketertarikan umat Buddha terhadap meditasi Chan, serta menjadi rujukan pengembangan Buddha Dhamma di Nusantara dan rujukan bagi penelitian mendatang dengan topik terkait.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer adalah jurnal yang dikelola oleh STAB Bodhi Dharma, merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer terbit secara berkala dua kali setahun yaitu setiap bulan Juni dan ...