Jutsi: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi
Vol 1, No 2 (2021): June 2021

PREDIKSI POLA TATA LETAK PRODUK UNTUK STRATEGI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Muhammad Al Amri (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)
Nurwati Nurwati (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)
Muthia Dewi (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2021

Abstract

Abstract: Data mining is a term used to describe the discovery of knowledge in databases. Data mining is a process that uses statistical techniques, mathematics, artificial intelligence, and maching learning to extract and identify useful information and related knowledge from large databases. One of the data mining methods is the association rule by analyzing a sales transaction at the 212 mart latsitarda Kisaran store. Sales transaction analysis aims to design a sales strategy. To design an effective sales or marketing strategy. In addition, the use of this analytical technique can also find changing patterns of products that are often purchased together or products that tend to appear together in a transaction from transaction data which are generally large in size. Store 212 mart latsitarda Kisaran can then use this pattern to place frequently purchased products into a contiguous area. Designing product displays in catalogs, designing product package sales, and so on using data mining concepts (a priori algorithm approach) so that they can analyze buyer behavior. Keywords: Data Mining; Product Layout Pattern; Apriori Algorithm  Abstrak: Data Mining adalah suatu istilah yang digunakan untuk memguraikan penemuan pengetahuan didalam database. Data Mining adalah proses yang menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan, dan maching learning untuk mengestraksi dan mengindentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar. Salah satu metode data mining adalah aturan asosiasi dengan melakukan analisis suatu transaksi penjualan pada toko 212 mart latsitarda Kisaran. Analisis transaksi penjualan bertujuan untuk merancang strategi penjualan. Untuk merancang strategi penjualan atau pemasaran yang efektif. Selain itu, penggunaaan teknik analisis ini juga dapat menemukan pola berubah produk-produk yang sering dibeli bersamaan atau produk yang cenderung muncul bersaama dalam sebuah transaksi dari data transaksi yang pada umumnya berukuran besar. Toko 212 mart latsitarda Kisaran lalu dapat menggunakan pola ini untuk menempatkan produk yang sering dibeli kedalam sebuah area yang berdekatan. Merancang tampilan produk di katalok, merancang penjualan paket produk, dan sebagainya dengan menggunakan konsep data mining (pendekatan algoritma apriori) sehingga dapat menganalisis prilaku pembeli. Kata kunci: Data Mining; Pola Tata Letak Produk; Algoritma Apriori

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jutsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUTSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi) is a scientific journals that contains research results conducted by collaborating students with lecturers. JUTSI published third a year on February, June, ...